Beranda

8 Januari 2014

Menilik Sejarah Dibalik Rumah Adat Tongkonan



8 Januari 2014






TMII, Jakarta Timur
Budaya toraja adalah salah satu budaya penting di Indonesia,salah satu hal yang menarik dari suku toraja ini adalah rumah adatnya yang disebut tongkonan.
“toraja ini menurut sejarah berasal dari Yunan China Selatan, datang ke indonesia diperkirakan 1000-1500 tahun SM naik perahu, pada waktu itu perahunya tidak bisa berlayar. Dan mereka bongkar kemudian materinya dibuat menjadi rumah itu sebabnya rumah adat toraja atapnya mirip perahu ini disebut Tongkonan.” menurut Muslim seorang tour guide pada zona Rumah adat Toraja, TMII
"tongkonan" berasal dari bahasa Toraja tongkon ("duduk"). Tongkonan merupakan pusat kehidupan sosial suku Toraja. Ritual yang berhubungan dengan tongkonan sangatlah penting dalam kehidupan spiritual suku Toraja oleh karena itu semua anggota keluarga diharuskan ikut serta karena Tongkonan melambangkan hubungan mereka dengan leluhur mereka. Menurut cerita rakyat Toraja, tongkonan pertama dibangun di surga dengan empat tiang. Ketika leluhur suku Toraja turun ke bumi, dia meniru rumah tersebut dan menggelar upacara yang besar.
Replika rumah Tongkonan yang berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menarik antusias warga untuk mengetahui budaya di tanah Toraja.
“Ini bagus untuk kita kenal dengan sejarahnya Toraja itu seperti apa” menurut Abas, seorang pengunjung Taman Mini Indonesia Indah, TMII

Penulis : Zuarbi Giandra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar